Tuesday, May 08, 2012

Pemprov dan RDTL Teken MoU Kesehatan


MENYIKAPI hasil pertemuan tiga bulan lalu antara Kementerian Kesehatan Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) dengan Pemprov NTT, kemarin, telah diteken memorandum of understanding (MoU) tentang kerja sama bidang kesehatan. 
“Pertemuan ini merupakan penandatanganan
MOU, yang nantinya ditindaklanjuti dengan kerja sama teknis yang difokuskan pada upaya penanggulangan penyakit menular, pelayanan kesehatan, pendistribusian obat, peningkatan
SDM, dan penelitian pengembangan di bidang kesehatan,” jelas Wakil Gubernur NTT, Esthon L Foenay kepada VN di Dinas Kesehatan NTT, Rabu (2/5).
Menurutnya, kerja sama ini dilakukan karena pengembangan pelayanan kesehatan tidak boleh melihat batasan teritorial atau latar belakang komunitas, tapi pada pelayanan kemanusiaan.
Kepala Dinas Kesehatan NTT, Stef Bria Seran mengatakan, MoU sudah resmi ditandatangani Gubernur dan Menteri kesehatan RDTL hingga akan ditindaklanjuti dengan penyusunan kerja dari masing-masing pihak untuk mengetahui tupoksi kerjanya termasuk pembiayaannya.
Sementara itu, Menteri Kesehatan RDTL, Dr Nelson Martins mengatakan, Timor Leste sedang melakukan pembangunan bidang kesehatan.  Salah satu fokus programnya adalah peningkatan SDM bekerja sama dengan Indonesia, terutama dalam pertukaran tenaga dokter, perawat, tenaga laboratorium, analis kesehatan dan manajerial.
“Ada banyak permasalahan kesehatan di TL yang dirasa perlu ditangani bersama khususnya di daerah perbatasan,” tegasnya. (tri/P-1)